Kamis, 11 Januari 2018

[REVIEW] Road to Your Heart - Arumi E.

Diposting oleh My Booklicious di 09.11

Judul: Road To Your Heart (Love in Ho Chi Minh)
Penulis: Arumi E.
Desain Sampul: Orkha Creative
Desain Isi: Nur Wulan
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2017
ISBN: 978-602-03-7180-1

BLURB

Kevin Charles Wyler memulai perjalanan pertamanya menjelajahi Asia Tenggara ke Vietnam. Menjauh dari kerumitan masalah di kota kelahirannya, Los Angeles. Baru tiga hari berada di kota yang dulu bernama Saigon ini, lalu lintas ajaib Ho Chi Minh membuatnya celaka.

Tatiana Rawnie menjejakkan kaki untuk yang pertama kalinya di Ho Chi Minh untuk melakukan perjalanan bersama dua temannya, sekaligus menemui seseorang yang telah lima belas tahun meninggalkannya.

Keduanya bertemu dalam perjalanan menuju tempat bersejarah peninggalan tentara Vietkong. Insiden yang mendebarkan dan terlarang di Cu Chi Tunnel membuat mereka terikat dalam perjalanan panjang dari Ho Chi Minh menuju Hanoi.

Kevin, pemuda Amerika yang nyaris tak percaya Tuhan, dan Tatiana, muslimah asal Lombok, tak bisa mengelak dari perasaan saling suka yang perlahan tumbuh tak bisa dicegah. Segalanya hampir berjalan lancar andaikan Luce, gadis pirang dari masa lalu Kevin, tidak datang mengejar dan memaksa Kevin kembali ke LA.

Pengakuan mengejutkan dari gadis Amerika itu membuat kepercayaan Tatiana pada Kevin goyah. Manakah yang harus dia percaya; cerita Kevin atau Luce? Bagaimanakah dengan misi Tatiana? Apakah dia berhasil menemui seseorang yang berjanji akan menemuinya di Ho Chi Minh?

***

Kevin, pemuda Kaukasia bermata biru gelap. Suka mengabadikan gambar melalui sketsa. Lulusan fakultas hukum UCLA, tapi memilih melakukan pekerjaan sesuai passion-nya: menjadi kreator animasi.

Tatiana, perempuan berhijab asal Lombok yang telah lama hidup mandiri di Jakarta. Suka travelling, tapi terkendala biaya. Bekerja sebagai guru privat dan penerjemah lepas. Bermimpi mengunjungi LA dan melanjutkan studi di UCLA.

Berkenalan dengan laki-laki LA dalam perjalanan itu keberuntungan Ana. Meskipun sempat mengalami insiden, tapi kalau tujuan mereka selanjutnya sama, Kevin bisa membujuk Ana untuk melakukan perjalanan bersama-sama.

Namun di tengah perjalanan yang menyenangkan, Kevin melakukan kesalahan yang malah membuat Tatiana ingin menjauh. Tatiana juga harus menelan kekecewaan karena seseorang yang berjanji untuk menemuinya di Hanoi tidak datang.

"Manusia bisa membuat rencana sesempurna mungkin. Tapi terkadang ada kejadian tak terduga yang bisa membuat rencana itu gagal berantakan." (hal. 125)

Apa yang terjadi selanjutnya? Apa Tatiana akan berhenti mencari dan menunggu kabar 'seseorang' itu? Lalu, gimana kalau dia malah bertemu Luce, perempuan yang jauh-jauh menyusul Kevin dari LA?

"Utamakan keluargamu melebihi segala-galanya." (hal. 143)

***

"Traveling memang bisa menjadi cara yang tepat untuk menemukan jodoh." (hal. 155)

Novel ini mengisahkan Tatiana dan Kevin, dua tokoh berbeda latar belakang yang akhirnya melakukan perjalanan bersama. Selain kisah traveling, Tatiana dan Kevin juga punya konflik pribadi yang membuat kisah mereka jadi berliku.

Setting-nya berfokus di Ho Chi Minh, tapi karena ini tentang traveling, tetap ada banyak tempat lain yang disebutkan. Sebenarnya aku merasa deskripsi tempatnya kurang 'wah', mungkin karena tempatnya juga banyak sehingga kurang terfokus. Namun aku tetap iri sih. Aku juga pengin ngerasain juga jalan-jalan 'ngadon'. Kagum deh sama mereka yang kayak Tatiana ini.

Dua tokoh utamanya punya karakter yang kuat. Tatiana itu mandiri, pemberani, teguh sama prinsip, dan mau bekerja keras. Lalu, Kevin. Dia digambarkan sebagai sosok yang keras kepala, tapi juga bisa jadi tempat curhat yang nyaman.

Novel ini juga diceritakan dengan gaya yang sederhana dan to the point. Alur ceritanya maju dan diceritakan dari sudut pandang orang ketiga. Semuanya serba simpel dan gak bikin bingung.

Yang pasti, seperti seri novel ATWWL yang lain, novel ini juga punya memiliki unsur religi. Kental, tapi tetap mengajarkan toleransi dan gak memaksakan agama tertentu.

So, jangan ragu buat jadikan novel ini sebagai salah satu koleksi kalian, ya. Lengkapi juga dengan seri ATWWL lainnya. 😊😊



 

My Booklicious Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea