Senin, 05 Maret 2018

[BLOGTOUR] Kepo Penulis: Elektra Queen

Diposting oleh My Booklicious di 10.30

Holaa!!!

MyB datang lagi, ya. Kali ini, dalam rangka blogtour Yes Boss - Elektra Queen persembahan Penerbit Roro Raya Sejahtera.

Beruntungnya, dalam blogtour ini, tiap host diberi kesempatan untuk mengajukan 5 (lima) pertanyaan pada penulisnya. Nah, apa aja pertanyaan yang kuajukan dan gimana jawaban dari Kak Elektra Queen? Simak rangkuman hasil kekepoanku berikut ini.

***

Q: Setahuku, Kak Elektra ini sudah menerbitkan novel Wonder Fall yang juga merupakan juara dari lomba kepenulisan yang diadakan Twigora. Nah, menurut Kakak sendiri, apa keistimewaan novel ini dibanding novel Wonder Fall dan adakah perbedaan yang menonjol dari proses penulisannya?

A: Keistimewaannya, saya bisa menulis lebih santai dibanding sebelumnya. Saya juga memiliki kesempatan besar untuk melakukan eksplorasi cerita. Menurut saya, Yes Boss lebih berwarna dari segi karakter dan emosi tokoh-tokohnya. Hal lain yang menonjol sekaligus perbedaan besar, pada Yes Boss ini saya berusaha menuliskan setting lebih detail dibanding pada novel Wonder Fall.

Waahhh... Pas nulis Yes Boss katanya bisa lebih santai. Pantas aja hasilnya oke. Ya, meskipun aku belum baca Wonder Fall, tapi aku setuju kalau karakter tokoh di Yes Boss ini memang cukup berwarna, setting-nya juga mantap.

Q: Aku juga merasakan kalau bagian cerita yang ber-setting Italia digambarkan dengan cukup detail. Nah, gimana riset Kakak sebelum menuangkan setting negara tersebut pada tulisan?

A: Riset yang saya lakukan lumayan panjang. Dimulai dengan mengumpulkan berbagai buku koleksi pribadi tentang Italia, lalu membacanya satu persatu. Tak ketinggalan riset via internet untuk mencari data-data yang dibutuhkan. Saya juga menonton lumayan banyak tayangan tentang Italia, mulai dari acara memasak hingga sejarah.

Wiihh... Tanpa harus langsung berkunjung, risetnya tetap jalan dan menghasilkan setting yang ciamik. Keren, kan?

Next... Dua pertanyaan berikutnya berkaitan sama kebiasan nulis Kak Elektra Queen, ya.

Q: Ini pertanyaan standar banget sih. Berhubung kebiasaan tiap penulis beda-beda, nah aku penasaran juga sama kebiasaan nulis Kakak. Apakah Kakak punya kebiasaan khusus?

A: Saya tidak punya kebiasaan khusus. Mendengarkan musik tidak menjadi keharusan, begitu juga soal pilihan tempat. Jika ide sedang menggelegak, menulis di keramaian pun takkan jadi masalah. Sebaliknya, saat ide macet, menulis di tempat sepi pun takkan banyak membantu. Biasanya saya lebih banyak bengong sambil merasa gemas pada diri sendiri.

Ternyata Kak Elektra ini tipe yang gaspol, ya. Pokoknya selagi ada ide, maka kesempatan itu enggak dibuang. Langsung ditumpahkan aja semuanya. Mantap, nih.

Q: Lalu, melihat cover novel Yes Boss ini, aku jadi membayangkan perempuan di cover itu sebagai Gaby versi lebih anggun. Aku sendiri suka melihat-lihat moodboard yang dibuat beberapa penulis agar bisa membayangkan visual atau adegan secara langsung. Nah, kalau Kakak sendiri, sering membuat moodboard juga atau enggak?

A: Tidak pernah. Saya hanya membuat sinopsis detail bab per bab, berikut deskripsi tokoh-tokoh utamanya.

Ohooo... Jadi, Kak Elektra ini bukan tipe yang biasa nyusun moodboard ya, gaiss. So, kalau kalau pas baca, kalian bisa bebas membayangkan siapa aja cogan yang cocok jadi Ethan, ya. ;))

Pertanyaan terakhir, nih.

Q: Ini bukan pertanyaan, sih. Cuma, mungkin ada ucapan, pesan, atau salam khusus yang ingin Kakak sampaikan pada pembaca Yes Boss, aku dengan senang hati menyampaikannya lewat postingan blog nanti.

A: Untuk semua yang sudah membaca Yes Boss, saya cuma mau bilang bahwa cinta itu tidak bisa diprediksi. Nikmati saja prosesnya tanpa kehilangan kebahagiaan.

Gilssss... Dalem banget, nih, pesannya. :))

Nah, sekarang kalian bisa simak sedikit biografinya, ya.

Tentang Elektra Queen:
Kolektor buku-bukunya Sidney Sheldon dan novel-novel bergenre paranormal romance. Sangat menyukai aroma petrichor, cokelat, durian, serta pisang goreng kipas. Fans Lionel Messi, Seal, The Script, dan Wet Wet Wet.
Susah bangun pagi, (kadang) agak malas mandi, kolektor foto kota-kota cantik di Eropa, suka makan tapi tidak bisa masak, nyaris tiada hari tanpa menyantap seafood, sangat ingin pindah ke lokasi syuting Midsummer Murders.
Menulis tanpa ambisi apa pun kecuali ingin berbagi kisah romantis yang (semoga) bisa membuat hati ikut berdenyut. Sengaja memilih genre romance karena setiap manusia selalu butuh cinta.

***

Oke, deh. Itu dia hasil hasil tanya-jawabku dengan penulis Yes Boss, Kak Elektra Queen.

Terima kasih buat Penerbit Roro Raya Sejahtera atas kesempatannya. Terima kasih juga buat Kak Elektra Queen yang sudah berkenan menjawab.

Buat kalian pembaca MyB, simak terus blog ini karena selanjutnya akan ada postingan review dan giveaway novel Yes Boss. Tunggu, ya!

See you... <3 <3 <3





 

My Booklicious Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea