Jumat, 04 Mei 2018

[REVIEW] Starry Night - Larasaty Laras

Diposting oleh My Booklicious di 20.17

Judul: Starry Night
Penulis: Larasaty Laras
Editor: M.L Anindya Larasati
Penerbit: Elex Media Komputindo
Tahun Terbit: 2016
ISBN: 978-602-02-9809-2

BLURB

Dru, the most wanted bachelor tapi jomblo–itu kata teman-teman satu band Dru. Lebih menyukai suasana sepi dan menikmatinya.

Janina, penyiar cantik yang punya mimpi begitu indah dan suka menyanyi. Lebih menyukai keramaian lalu mengamatinya dalam diam. 

Setelah bertemu dua kali secara random dengan Janina–seorang penyiar radio yang wajah dan suaranya menawan hati, Dru yakin dia jatuh cinta pada wanita itu. Jalan Dru untuk memenangkan hati Janina tidaklah mudah: kenangan masa lalu Janina yang terus membayangi, belum lagi bapak Janina yang dingin dan tidak bersahabat. Akankah Dru mampu merebut hati Janina? Mampukah Janina melupakan kenangannya, dan meyakinkan hatinya bahwa dia juga menyukai Dru?

***

Kisah ini berawal dari siaran Starry Night, sebuah program radio yang khusus memperdengarkan lagu dari penyanyi-penyanyi indie. Janina, sang penyiar, sudah mengenal Dru lewat Kanya, tapi perempuan itu baru tahu kalau Dru juga merupakan vokalis band indie yang menjadi guest pada siaran perayaan 100 hari Starry Night mengudara.

Sebaliknya, Dru yang sudah mengetahui sosok Janina langsung terkesan setelah mendengar perempuan itu bernyanyi pada live acoustic Starry Night. Saat band-nya diundang menjadi guest, Dru menyanyikan lagu spesial, tapi ternyata malah membuat Janina tersentuh hingga menangis.

Lewat pertemuan demi pertemuan, ketertarikan Dru pada Janina semakin menguat, bahkan meski ia telah mengetahui kisah masa lalu Janina. Perlahan tapi pasti, Janina pun menerima segala perhatian Dru. Didukung oleh sang adik, serta keluarga besarnya, Dru ingin menjadikan Janina sebagai pendamping.

Namun, lagi-lagi keluarga jadi ganjalannya. Janina dilanda dilema. Antara cinta, mimpi, atau keluarga, manakah yang akan dipilih Janina?

***

"Bahagia terkadang bersanding dengan sedih." (hal. 227)

Membaca kisah Janina mengingatkanku pada keinginan semasa SMP: menjadi penyiar radio. Membaca dialog pembuka saat Janina siaran atau mention-mention yang dari pembaca seperti sebuah nostalgia pada masa-masa menjadi pendengar radio.

Konflik Starry Night sendiri berpusat pada kisah perjuangan Janina. Tentang bagaimana dia menjalani hidup di keluarga yang enggak demokratis hingga harus merelakan mimpinya, kesedihannya setelah kepergian Panji, serta kehadiran sosok Dru yang menawarkan kisah baru.

Kisah Dru-Janina sendiri cenderung bergerak dengan cepat, tanpa banyak basa-basi. Jadi enggak banyak kalimat menye atau menggelikan. Namun, meskipun kisah roman Janina-Dru ini menarik, aku tetap merasa unsur keluarga Janina-lah yang meninggalkan kesan paling kuat. Bagian Janina ditinggal Panji pun bikin kisahnya jadi makin 'baperin'.

Selanjutnya, ada bagian cerita yang menyulitkanku masuk lebih dalam, yaitu tentang musik indie. Karena pengetahuanku nol besar dan selera musikku juga payah, info tentang lagu dan band indie cuma nempel sekilas, lirik-lirik yang dimunculkan pun jadi cuma kubaca seperi larik puisi. Acungan jempolnya, setelah tahu, ternyata lirik-lirik itu lebih puitis, lebih menyentuh. Mungkin yang suka lagu-lagu indie lebih paham, ya.

Untuk alurnya sendiri, cerita ini menggunakan alur maju-mundur dengan penceritaannya yang mengalir rapi. Dibawakan dengan sudut pandang orang ketiga, novel ini tidak hanya memfokuskan pada Janina-Dru. Di dalamnya bahkan menghadirkan banyak sekali tokoh pendukung.

Sebut saja, ada Nandia, rekan kerja Janina. Ada juga Kanya Si Ceriwis yang merupakan adik Dru, serta Miku dan Ryan, rekan Dru. Bahkan para sepupu Dru banyak dimunculkan. Meskipun memang jadi harus hapal banyak tokoh, tapi kehadiran para sepupu itu pun membantu menguatkan bagian konflik tentang perbedaan kondisi keluarga Dru dan Janina.

Over all, aku tersentuh dengan konflik keluarganya. Kalau suka kisah dengan unsur keluarga yang kental plus ada kepingan tentang musik indie, kalian bisa kenalan Janina dan dapatin info tentang lagu-lagu indie lewat novel ini.



 

My Booklicious Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea